Minggu, 02 November 2014

Pelatihan Bela Negara Gelombang IV





Bela Negara merupakan tekad, sikap dan perilaku warga Negara yang dijiwai oleh kecintaan terhadap NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Tahun 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan Negara. Pembelaan Negara ini bukan semata-mata tugas TNI, tetapi tugas segenap warga Negara sesuai dengan kemampuan dan profesi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.


                Sesuai dengan Undang-Undang RI Nomor 34 tahun 2004 pasal 7 Ayat 2, tugas pokok TNI dilaksanakan melalui Operasi Militer untuk Perang ( OMP ) dan Operasi Militer Selain Perang ( OMSP ) serta pada butir 8 menyatakan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan dan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta. Sebagai aplikasi dari pemberdayaan Wilayah Pertahanan, salah satunya memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Indonesia, terutama generasi potensial atau yang disebut generasi muda dalam wujud nyata Pelatihan Bela Negara mahasiswa Undana di wilayah korem 161/Wira Sakti 2014.





                Pelatihan  Bela Negara Gelombang IV dilaksanakan dari tanggal 30 Oktober sampai tanggal 2 Nopember 2014  bertempat di Brigif 21/Komodo. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan terbinanya generasi muda Bangsa Indonesia khususnya para mahasiswa mahasiswi Undana (Universitas Nusa Cendana) yang memiliki kepribadian yang berakhlak mulia, disiplin, terampil dan memiliki semangat bela Negara. Kegiatan ini diikuti oleh 88 orang didampingi 1 orang Menwa. Adapun kegiatan yang dilaksanakan yaitu : di hari pertama tanggal 30 Oktober 2014 , Brigif 21/Komodo selaku penyelenggara melaksanakan briefing pelaku di Undana (Universitas Nusa Cendana), dilanjutkan dengan pengisian formulir dan rikes kepada para peserta. Di hari kedua merupakan acara penjemputan peserta di Universitas Nusa Cendana, acara tradisi penyambutan dari warga Brigif 21/Komodo, pembacaan petunjuk tata tertib dari Pasi Ops Lat Lettu Inf Made Darya. Malam harinya dilaksanakan Materi Jurit Malam mulai pukul 19.00 sampai 23.00 Wita. Di hari ketiga dilaksanakan materi Senam Winchu, Ice Breaker, High Roop ( Flying fox dan Repling), Trust Game, Team Work, Problem Solving, Integrate Game serta Pengetahuan Senjata Ringan dan Berat. Malam harinya diisi materi Wawasan Kebangsaan serta Froxy War yang diisi oleh Danyon 743/PSY Mayor Inf Fierman Sjarial, Inagurasi ( Spontanitas, puisi, pesan dan kesan, pemberian sartifikat dan handy card) ,  Renungan Malam yang diakhiri Upacara Penutupan Pelatihan Bela Negara pada pukul jam 01.00 dini hari. Minggu tanggal 2 Nopember 2014 pagi dilaksanakan pelepasan para mahasiswa dan mahasiswi kembali ke Universitas Nusa Cendana.