Selasa, 19 Mei 2015

Upacara Latihan Pengamanan VVIP Satuan Jajaran Kodam IX/Udayana


Latihan Pengamanan VVIP ini mempunyai nilai yang sangat penting mengingat wilayah Kodam IX/Udayana sering sebagai tempat penyelenggaraan even berskala nasional maupun internasional yang dihadiri oleh kepala negara, kepala pemerintahan atau setingkat kepala negara sehingga memerlukan pengamanan ekstra, demikian Amanat Pangdam IX/Udayana yang dibacakan Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI A. Yuliarto, S.Sos selaku Inspektur Upacara dalam Upacara Pembukaan Latihan  Pengamanan VVIP Satuan Jajaran Kodam IX/Udayana, Senin ( 18/05) di Lapangan Upacara Korem 161/Wira Sakti. Lebih lanjut, tegas Pangdam IX/Udayana, bahwa latihan ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan satuan jajaran Korem 161/Wira Sakti agar mempunyai kemampuan yang handal dalam melaksanakan tugas Pengamanan VVIP, dan  para peserta latihan akan menerima materi Pengetahuan dan Ketrampilan.

 
 





Sebagai pasukan upacara pada latihan pembukaan latihan ini meliputi Korem 161/WS, Denma Brigif 21/Komodo, Yonif 743/PSY, Lantamal VII Kupang, Lanud El Tari Kupang, Polda NTT, Brimob NTT dan Basarnas NTT.






Tampak hadir di tenda tamu undangan meliputi Kabinda NTT, Kasrem 161/Wira Sakti,  Danlanud El Tari Kupang, Wadanyon 743/PSY, Kepala Basarnas NTT, Kasatpol PP Propinsi NTT, yang mewakili Danlantamal VII Kupang, yang mewakili Kapolda NTT, Para Kasi Korem 161/Wira sakti, Danlanudal,  Danyonmarhanlan.




Latihan yang akan berjalan selama 5 hari ini menggunakan metode drill tempur dengan mengangkat tema : “ Kodam IX/Udayana melaksanakan Operasi Pengamanan VVIP di Wilayah Korem 161/Wira Sakti  dalam rangka Operasi Militer Selain Perang ( OMSP ) “.

Materi dalam latihan Operasi Pengamanan VVIP ini meliputi Materi Pengetahuan Komandan Komplek (Danplek), Pengetahuan Operasi Pengamanan VVIP dan Pengetahuan Mekanisme Pengamanan VVIP. Sedangkan materi Ketrampilan meliputi,  Tekhnik Pengamanan Tempat Acara dan Instansi , Tekhnik pelolosan dalam ruangan , Tekhnik Pertempuran Jarak Dekat ( PJD ), Tekhnik Materi VVIP dalam perjalanan , Tekhnik Evakuasi VVIP, Tekhnik Sterilisasi Personel Materiil dan instalasi, Teknik Evakuasi Medis dan mengatasi gangguan medis, Tekhnik Pengawalan bermotor ( walmor ), Mengatasi ancaman dan gangguan serta Tekhnik Pengawalan Protokol Kenegaraan ( Walprotneg),  jelas Pangdam IX/Udayana.


Sekian dan terimah kasih.