Minggu, 05 Oktober 2014

Perayaan Idul Adha



                
              Idul Adha merupakan hari besar bagi umat Islam di seluruh dunia dimana pada hari tersebut adalah merupakan hari kemenangan bagi umat muslim untuk lebih taat dan mendekatkan diri kepada Allah SWT di mana hari yang sangat bersejarah bagi umat islam dimana Syetan telah kalah dalam bujuk rayu nya untuk menggagalkan niat Nabi Ibrahim AS agar menyembelih putra yang ia sayangi yaitu nabi Ismil AS. Walaupun pada saat penyembelihan Nabi Ismail Allah SWT mengangkat Nabi Ismail AS ke atas langit atau Surga dan Allah SWT menggantikan Nabi Ismail dengan hewan Qurban yaitu domba.Hari Raya Idul Adha identik dengan hari Raya Qurban yang mana pada hari tersebut dilaksanakannya pemotongan hewan Qurban dan yang kemudian akan di berikan kepada kaum yang tidak mampu. Adapun makna dari berkurban artinya umat Islam melaksanakan kewajiban untuk saling membantu meringankan beban sesama umat manusia. Adapun tujuan kurban adalah untuk menumbuhkan dan memantapkan rasa solidaritas sosial dengan sesama kaum Muslimin sehingga diharapkan dapat menjembatani kesenjangan sosial antara yang mampu dan tidak mampu.


               Pada Hari Minggu, 6 Oktber  2014 dilaksanakan Sholat Idul Adha di Masjid Al-Iklas Brigif 21/Komodo oleh warga Brigif 21/Komodo dan masyarakat sekitar yang beragama muslim. Hari Raya Idul Adha ini dihadiri oleh Komandan Brigif 21/Komodo  Kolonel Inf E. Reza Pahlevi. Pada hari besar ini, selain dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, tapi juga dapat meningkatkan solidaritas antara TNI dan Rakyat.


                   
                       Pada Hari Raya ini, dilaksanakan juga pemotongan hewan kurban yaitu sapi dan kambing. Daging ini dibagikan kepada seluruh anggota Brigif 21/Komodo baik yang beragama muslim maupun Non muslim  serta diserahkan juga kepada kaum fakir miskin yang berada di seputaran Asrama Brigif 21/Komodo.