Minggu, 15 Januari 2012

Sejarah Brigade Infanteri 21/Komodo

Sesuai dengan Probangkuat TNI AD dalam Renstra I Tahun 2004-2009 TNI AD melaksanakan pembangunan beberapa satuan Brigade dan salah satunya berada di  wilayah Kodam IX/Udayana, yaitu Brigade Infanteri 21/Komodo Kodam IX/Udayana berada di Camplong Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Melalui beberapa kajian tentang penentuan letak satuan Brigade Infanteri 21/Komodo dilaksanakan secara bertahap dengan mempertimbangkan beberapa aspek yang dapat mendukung pelaksanaan tugas satuan ke depan. Pada awalnya daerah yang akan dibangun satuan Brigade Infanteri 21/Komodo terletak di Kabupaten Soe namun dengan pertimbangan dan kajian, maka Camplong merupakan alternatif yang terbaik untuk pembangunan satuan Brigif. Sejalan dengan pelaksanaan pembangunan pangkalan Brigade Infanteri 21/Komodo yang dimulai pada tahun 2007 secara bertahap pangkalan dan prasarana lainnya telah berdiri.
Seiring dengan kemajuan pembangunan dan persiapan peresmian satuan maka penyiapan, pemberian nama dan pemakaian sesanti Dhuaja Brigade Infanteri 21/Komodo telah dipersiapkan dengan mewadahi aspirasi dari Tokoh-tokoh masyarakat Nusa Tenggara Timur, maka lambang binatang Komodo yang merupakan kebanggaan bagi masyarakat NTT digunakan sebagai lambang satuan dengan menggunakan sesanti dari bahasa Dawan yang berbunyi “MLAOK MATANOL DAEL TENE yang berarti Maju Dengan Jiwa Besar.
Organisasi Brigade Infanteri 21/Komodo Kodam IX/Udayana mulai diberlakukan pada tahun 2008 berdasarkan Perkasad Nomor : Perkasad/ 58 / X /2008 dan secara resmi satuan Brigade Infanteri 21/Komodo berdiri dan dikukuhkan pada tanggal 15 Desember 2009 oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jendral TNI George Toisutta pada upacara memperingati Hari Juang Kartika yang ke-64 di Jakarta. Dengan demikian, maka setiap tanggal 15 Desember digunakan sebagai hari jadi satuan Brigade Infanteri 21/Komodo.
Setelah diresmikannya satuan Brigade Infanteri 21/Komodo pada tanggal 15 Desember 2009, maka diikuti pula dengan alih kodal satuan jajaran, yaitu Yonif 743/PSY dan Yonif 744/SYB dari Korem 161/Wirasakti kepada Brigif 21/Komodo sesuai dengan Peraturan Kasad Nomor : Perkasad/ 5 / II / 2010 melalui upacara serah terima dengan Inspektur upacara Pangdam IX Udayana. Sehingga sejak tanggal 5 April 2010 Satuan Brigif 21/Komodo membawahi satuan sebagai berikut :
a.    Ma dan Denma Brigif 21/Komodo berkedudukan di Camplong Kab Kupang.
b.    Yonif 743/PSY berkedudukan di Kab Kupang.
c.    Yonif 744/SYB berkedudukan di Tobir, Kab Atambua.