Rabu, 18 Januari 2012

Tugas Pokok Brigade Infanteri 21/Komodo

Tugas Pokok Brigif 21/Komodo.        Brigif 21/Komodo bertugas pokok menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD RI Tahun 1945 serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia di wilayah darat NTT dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Tugas – Tugas Brigif 21/Komodo.    Sebagai penjabaran dari tugas Pokok Kodam IX/Udayana, maka tugas-tugas Brigade Infanteri 21/Komodo dengan memperhatikan perkembangan situasi dan skala prioritas sasaran yang diharapkan maka dirumuskan tugas-tugas Brigade Infanteri 21/Komodo TA. 2012 sebagai berikut  :

1.  Menyiapkan Satuan Jajaran Brigade Infanteri 21/Komodo untuk mencapai ke- siapan operasional satuan yang berkualitas dan memiliki mobilitas tinggi sebagai kekuatan penangkal terhadap segala bentuk ancaman di wilayah Kodam IX/Udayana sesuai kebijaksanaan dari Komando Atas.

2.   Meningkatkan kemampuan personel intel guna mendukung tugas pokok Brigade Infanteri 21/Komodo dengan melaksanakan cegah dini dan deteksi dini terhadap setiap gejala kerawanan sosial dan ancaman terhadap integritas dan keutuhan wilayah sehingga tidak berkembang menjadi ancaman nyata.

3.   Memelihara dan meningkatkan kemampuan prajurit serta satuan Jajaran Brigade Infanteri 21/Komodo dengan melaksanakan latihan sesuai program dari Komando Atas  sehingga diperoleh kemantapan dan kemampuan satuan yang profesional.

4.  Melaksanakan kegiatan Bintertas melalui Bhakti TNI dan Karya Bhakti untuk memelihara kemanunggalan TNI – Rakyat.
 
5.     Menyiapkan personel dan satuan untuk melaksanakan tugas bantuan kemanusiaan (Civic Mission) dan melaksanakan pengamanan VVIP/VIP, obyek vital nasional yang bersifat strategis dan perbatasan wilayah darat negara.