Sabtu, 25 Januari 2014

Penataran Penanggulangan Huru-Hara Brigif 21/Komodo



         
       Salah satu tugas dari TNI adalah membantu tugas POLRI jika dibutuhkan. Salah satunya perbantuan TNI kepada POLRI dalam menanggulangi huru-hara atau demonstrasi dari kelompok organisasi masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi kepada pihak pemerintah. TNI siap memberikan bantuan keamanan kepada POLRI jika massa dalam jumlah besar dan anarkis serta tidak sanggup diatasi oleh pihak kepolisian.





                Pada tanggal 13 s.d 25 Januari 2014 dilaksanakan Penataran Penanggulangan Huru-Hara tersebar di Mako Brigif 21/Komodo dimana peserta berasal dari perwakilan prajurit Brigif 21/Komodo, Yonif 743/PSY dan Yonif 744/SYB. Materi yang dilatihkan meliputi tehnik, taktik, fungsi, serta aplikasi penanggulangan Huru-Hara. Untuk tenaga Pelatih penataran ini berasal dari prajurit Brigif 21/Komodo yang telah melaksanakan Penataran PHH terpusat di Pusdikif. Penataran ini bertujuan agar setiap prajurit Brigif 21/Komodo selalu siap melaksanakan tugas bantuan kepada POLRI.



             
         Pelaksanaan Penataran PHH juga dilaksanakan dengan menyelenggarakan latihan bersama dengan Polres Kupang dimana para petatar diberikan kesempatan untuk saling tukar pengetahuan dan kemampuan PHH dengan para anggota Polres Kupang. Kegiatan ini sebagai langkah nyata Brigif 21/Komodo menjalin hubungan yang harmonis dengan POLRI yang tentunya mendukung sinergitas pelaksanaan tugas bersama mendatang, yang sudah menghadang di depan adalah Pengamanan Pemilu Legislatif dan Pilpres Tahun 2014.





         “Latihan ini tidak hanya berhenti sampai disini tetapi harus dilanjutkan pada tingkat Batalyon menggunakan metode Mobile Team Training (MTT) dimana para pelatih yang mendatangi kompi-kompi yang berlokasi tersebar”. Demikian penekanan Danbrigif 21/Komodo Kolonel Inf E. Reza Palevi pada amanat upacara penutupan Penataran Tersebar Brigif 21/Komodo Ta. 2014.