Sabtu, 15 Juni 2013

Latihan Pratugas Satgas Pam Tas Yonif 743/PSY



Mengamankan perbatasan dengan negara tetangga adalah salah satu tugas yang diemban oleh TNI AD. Yonif 743 merupakan satuan yang berada dibawah naungan Brigif 21/Komodo, satuan ini berlokasi di NTT. DiTahun 2013 ini, Yonif 743 mendapat perintah dan merupakan kehormatan untuk melaksanakan Satgas Pam Tas RI-RDTL. Dan sebelum melaksanakan tugas, terlebih dahulu melaksanakan Pratugas untuk menyiapkan kesiapan prajurit di dalam melaksanakan tugas di perbatasan. Pratugas ini dibagi menjadi 3 tahap yaitu Tahap, I tahap II dan tahap III.



Pratugas Tahap I

Pratugas tahap I dilaksanakan dari tanggal 14 April sampai 22 Mei 2013 yang dilaksanakan di tiga tempat, yaitu di Kompi A, Kompi Bant, dan Kompi B Yonif 743/PSY. Materi-materi yang diberikan adalah teori-teori pembekalan kepada prajurit sebagai pengetahuan dan dilaksanakan di daerah penugasan. Materi-materi tersebut antara lain materi Antropologi, Sosial masyarakat, Jaring info, Proses lapor dalam sistem lapor cepat, Bintahwil, Siskamling, Wawancara, Kodo, Longmalap, Bant gadik dan Pemberdayaan tomas, Karya bakti dan Gar kes massal, Bak reaksi, Pat gap mukim, Patkam dang, Patkam, Pat gap dan Ralasuntai. Materi yang mendukung dalam pelaksanaan tugas di daerah perbatasan.
 








PratugasTahap II
Pratugas tahap II dilaksanakan dari tanggal 24 Mei sampai dengan 6 Juni 2013. Materi-materi yang dibekalkan di diperdalam dengan drill teknis dan drill taktis. Materi-materi tersebut antara lain materi Antropologi, Sosial masyarakat, Jaring info, Proses lapor dalam sistem lapor cepat, Bintahwil, Siskamling, Wawancara, Kodo, Longmalap, Bant gadik dan Pemberdayaan tomas, Karya bakti dan Gar kes massal, Bak reaksi, Pat gap mukim, Patkam dang, Patkam, Pat gap dan Ralasuntai. Materi patroli yang diberikan dari masing-masing koordinator materi patroli di berikan diperjelas oleh peraga yang diperankan oleh pendukung yang tidak lain adalah anggota Denma Brigif 21/Komodo. Kemampuan prajurit diuji lagi dengan melaksanakan drill taktis yang dilaksanakan di seputaran daerah Camplong kompleks.
 









 







 












PratugasTahap III
Pratugas tahap III merupakan latihan dimana materinya aplikasi yang menyerupai dengan apa yang akan dilaksanakan para prajurit penjaga perbatasan. Tahap III dilaksanakan pada tanggal 8 sampai 14 Juni 2013 di daerah Camplong kompleks yang terbagi menjadi lima kipur. Dan masing-masing kipur terbagi menjadi tim/pos yang dipimpin oleh seorang Danpos. Materi yang dilaksanakan meliputi materi: Serah terima, Puldatater, Patkam (sektor patroli pos), Siskamling dalduk, Penyuluhan, Longmalap, Karyabakti, Ralasuntai, Bintahwil, Pam VVIP dan Pelayanan administrasi khusus untuk Pos PLB (pintulintasbatas) dan pengecekan pengecekkan penduduk yang melintasi posuntuk Pos Non PLB.