Jumat, 05 Juni 2015

Jelang Bulan Suci Ramadhan


Dasar Negara Republik Indonesia Adalah Pancasila yang didalamnya terdapat lima sila dan sila yang paling utama dari kelima sila tersebut yaitu, sila pertama dengan bunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Maka dalam menjelang bulan suci Ramadhan yang jatuh pada bulan Juni di tahun 2015 ini, umat Muslim Brigif 21/Komodo melaksanakan Ibadah di Masjid Al-Ikhlas yang berlokasi di Mako Brigif 21/Komodo (4/6).

 
 Pada Ibadah menyambut Bulan Suci Ramadhan di Masjid Al-Ikhlas tersebut dipimpin oleh Ustad H. Ahmad Nuraimin dan dihadiri oleh Umat Muslim Brigif 21/Komodo beserta keluarga. Selain itu dalam sambutan ibadah tersebut Danbrigif 21/Komodo Letkol Inf. Parwito menyampaikan bahwa bekal yang layak disiapkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan yaitu:
Pertama, berdoa kepada Allah agar menyampaikan umur kita kepada bulan yang mulia ini dalam kondisi sehat wal ‘afiat. Sehingga ia bisa mengisi Ramadhan dengan puasa, qiyam, zikir, tilawah, dan amal-amal shaleh lainnya dengan maksimal. Kedua, dengan menjaga hati terhadap kaum muslimin. Yakni jangan sampai ada kebencian dan permusuhan antara kita dan saudara muslim kita. Ketiga, memperbanyak puasa dan membiasakan ibadah di bulan Sya’ban. Di samping karena bulan Sya’ban adalah bulan yang sering dilalaikan manusia dan amal anak Adam diangkat kepada Allah Ta’ala, memperbanyak puasa di bulan Sya’ban juga sebagai persiapan dan pembiasaan diri dengan amal-amal Ramadhan. Keempat, memperhatikan amal-amal wajib, seperti shalat berjamaah lima waktu sehingga saat Ramadhan tiba tidak ada pahala besar yang luput dari kita.  Kelima, membaca dan mempelajari hukum-hukum puasa dari berbagai kitab, kaset rekaman ceramah para ulama dan dai. Keenam, tidak boleh dilupakan pula dalam menyambut Ramadhan adalah Al-Qur'an al-Karim; membaca dan mengkajinya. Ketujuh, shalat malam juga menjadi bekal yang tak boleh tinggalkan. Karena hadits nabawi menyebutkan keutamaan malam bulan Ramadhan dengan qiyamullail atau shalat tarawih. Jika ia sudah terbiasa dengan shalat malam ini, maka ia akan lebih ringan menjalankan shalat Tarawih berjamaah dan menghidupkan malamnya dengan memperbanyak shalat. Kedelapan, membiasakan diri dengan akhlak baik dan menjauhi akhlak-akhlak tercela. Ini bisa dengan mengkaji bab akhlak atau membacanya pada kitab-kitab suluk (akhlak).

Beberapa bekal yang harus disiapkan tersebut di atas dalam ceramah ustad dan sambutan Danbrigif 21/Komodo adalah bukti nyata adanya rasa senang dan bahagia atas kehadiran Ramadhan yang akan datang. Siapa yang ingin mendapatkan hasil baik di bulan Ramadhan maka ia harus menyiapkan dengan baik bekal-bekalnya. Ibadah dalam persiapan menjelang Bulan Suci Ramadhan di Brigif 21/Komodo berjalan dengan tertib dan aman.
Sekian dan Terimah Kasih