Kamis, 08 Agustus 2013

Pratugas Satgas Pam Pulau Terluar Tahun Anggaran 2013 - 2014



     Menjaga dan mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik  Indonesian berdasarkan Pancasila  dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 merupakan salah satu dari tugas pokok TNI, yang salah satunya adalah pengamanan pulau terluar yang berbatasan langsung dengan negara tetangga. Brigif 21/Komodo merupakan satuan tempur yang berada di wilyah Propinsi Nusa Tenggara Timur yang membawahi dua Batalyon Infanteri yaitu Batalyon Infanteri 743/PSY dan Batalyon Infanteri 744/SYB. Pada tahun ini Batalyon Infanteri 744/SYB yang berada di bawah naungan Brigif 21/Komodo mendapatkan kehormatan untuk  melaksanakan Satgas Pam Pulau Terluar yaitu Pulau Ndana Rote yang brbatasan lansung dengan Negara Australia, dan Pulau Batek yang berbatasan langsung dengan Negara Republik Demokrat Timor Leste.










Brigif 21/Komodo menyelenggarakan Pratugas Satgas Pengamanan Pulau Terluar bagi prajurit Yonif 744/SYB untuk memantapkan persiapan prajurit yang akan melaksanakan penugasan di medan sebenarnya. Adapun pratugas yang dilaksanakan dibagi menjadi tiga tahap, antara lain: 



                 Tahap I :  dilaksanakann dari tanggal 10-16 Juli 2013 yang laksanakan di Mako Brigif 21/Komodo (Pembekalan materi),




 
     



            Tahap II :   yang dilaksanakan dari tanggal 17-20 Juli 2013 (Drill Teknis dan Taktis) yang dilksanakan di Mako Brigif 21/Komodo, dan




 


          Tahap III :  yang dilaksanakan dari tanggal 1-7 Agustus 2013 (Materi aplikasi yang menyerupai medan sebenarnya) yang dilaksanakan di Wilayah Camplong kompleks.