Sabtu, 17 Agustus 2013

Memperingati HUT ke 68 Republik Indonesia


Tanggal 17 Agustus 1945 merupakan hari kemerdekaan Negara Republik Indonesia dimana Negara Kesatuan Republik Indonesia menyatakan bebas dari penjajah dan menyatakan bahwa pada saat itu bangsa kita merdeka. Begitu sulit perjuangan para pejuang pendahulu kita pada saat itu mengorbankan jiwa raga, tumpah darah, keluarga demi terbebasnya dari belenggu penjajah yang menjadikan Nusantara ini sebagai negara boneka (Negara yang diexploitasi untuk kepentingan negaranya) yaitu Belanda yang sampai tiga ratus lima puluh tahun lamanya menjajah, dan Jepang tiga setengah tahun sampai dengan tahun 1945. Pada saat Jepang di serang oleh Sekutu, terjadilah kekosongan kekuasaan di Nusantara. Pada kesempatan itulah  dijadikan moment oleh seluruh rakyat Indonesia melalui proklamasi yang dibacakan oleh Ir. Soekarno.
 
Setiap tahunnya tanggal 17 Agustus selalu di meriahkan dengan upacara dan berbagai lomba di semua instansi pemerintah dari tingkat daerah sampai dengan pusat.Hal ini mempunyai makna dan arti untuk mengingatkan kepada generasi muda akan perjuangan pendahulu kita dan mengenang jasa beliau yang telah gugur berjuang demi Negara Kesatuan Reublik Indonesia yang kita cintai ini.
Sabtu, 17 Agustus 2013. Pada pukul 10.00 WITA yang bertempat di Mako Brigif 21/Komodo seluruh prajurit Denma Brigif 21/Komodo yang setelah melaksanakan upacara bendera kegiatan dilanjutkan dengan acara Halal bihalal dan syukuran dalam memperingati HUT ke 68 Republik Indonesia serta pula dilanjutkan dengan lomba-lomba dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan ini. Acara ini dihadiri langsung oleh Komandan Brigade Infanteri 21/Komodo Letnan kolonel Inf E. Reza Pahlevi, Kepala Staf Brigif 21/Komodo Letnan Kolonel Inf Suyitno S.IP, Komandan Yonif 743/PSY Mayor Inf Budi Prasetyo, beserta para perwira jajaran Brigif 21/Komodo dan segenap seluruh prajurit Brigif 21/Komodo dan keluarga.


Adapun lomba-lomba yang dilaksanakan seperti lomba lari karung, balap kelereng, tangkap belut, lomba balap bakiak, panjat pinang, tarik tambang, joget bola berpasangan suami-istri, dan pecahkan balon dengan cara mata tertutup. Acara ini diikuti dari seluruh prajurit Brigif 21/komodo, ibu persit dan masyarakat umum yang diundang untuk memeriahkan acara ini.














Para pemenang lomba-lomba tersebut mendapat hadiah souvenir sebagai ucapan selamat karena perjuangan telah memenangkan perlombaan.